Kiat Cara Mengetahui NJOP dan NOP di Kabupaten Bogor

Cara mengetahui NJOP dan NOP Kabupaten Bogor 2023
Ilustrasi penghitungan pajak properti. Foto: Pixabay

Pentingnya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dalam Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Indonesia

Dalam dunia transaksi jual beli properti di Indonesia, terutama properti seperti tanah dan bangunan, ada komponen penting yang harus dipahami oleh semua pemilik properti, yaitu Nilai Jual Objek Pajak atau yang sering disebut NJOP. NJOP memiliki peran vital dalam menentukan besarnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang harus dibayarkan oleh pemilik properti kepada pemerintah. Berikut kami sajikan artikel tentang kiat cara mengetahui NJOP dan NOP khususnya di Kabupaten Bogor.

Daftar isi
    Add a header to begin generating the table of contents

    Apa Itu Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)?

    NJOP dapat diartikan sebagai harga rata-rata yang diperoleh dari transaksi jual beli properti yang terjadi secara wajar. Dengan kata lain, NJOP adalah acuan nilai properti yang digunakan oleh pemerintah untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar oleh pemiliknya. Jika tidak ada transaksi jual beli yang bisa dijadikan acuan, NJOP dapat ditentukan melalui perbandingan dengan properti sejenis, atau menggunakan nilai perolehan baru, atau bahkan NJOP pengganti.

    Pentingnya Mengetahui NJOP

    Mengetahui NJOP sangat penting karena NJOP ini akan menjadi dasar perhitungan PBB yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan transaksi jual beli properti atau hanya ingin mengetahui jumlah PBB yang harus Anda bayar, Anda perlu tahu NJOP dari properti Anda.

    Cara Mengetahui NJOP di Kabupaten Bogor

    Bagi mereka yang memiliki properti di Kabupaten Bogor, Anda dapat dengan mudah mengetahui NJOP melalui beberapa langkah berikut:

    1. Mengunjungi Situs Resmi Pemerintah Daerah: Kunjungi situs resmi Pemerintahan Daerah Kabupaten Bogor di http://bogorkab.net/cekpbb/.

    2. Masukkan Nomer Objek Pajak (NOP): Anda akan diminta memasukkan Nomor Objek Pajak (NOP) properti Anda.

    3. Informasi Tagihan: Setelah Anda memasukkan NOP, situs akan menampilkan informasi tagihan lengkap beserta harga NJOP pada tahun tersebut.

    Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut kiat cara mengetahui NJOP, Anda juga dapat merujuk ke Peraturan Bupati nomor 46 tahun 2019 di link ini.

    Cara Mengetahui NOP

    Setiap pemilik properti akan diberikan Nomor Objek Pajak (NOP) saat mendaftarkan propertinya kepada Direktorat Jenderal Pajak. NOP ini penting karena digunakan untuk mengidentifikasi lokasi yang menjadi objek pajak dan juga sebagai acuan dalam menentukan NJOP. Jika Anda kehilangan NOP Anda, Anda bisa mencarinya dengan beberapa cara berikut:

    1. Mengecek STTS (Surat Tanda Terima Setoran): Anda dapat melihat NOP pada STTS atau bukti pembayaran PBB periode sebelumnya. NOP akan tercantum dalam kedua dokumen tersebut.

    2. Kantor KPP Pratama Terdekat: Anda juga dapat mengunjungi kantor KPP Pratama terdekat. Biasanya, petugas akan menanyakan dokumen bukti pembayaran PBB tahun sebelumnya untuk membantu mencari NOP Anda.

    3. Kantor Bapenda Kabupaten Bogor: Jika semua upaya di atas tidak membuahkan hasil, Anda dapat datang langsung ke Kantor Bapenda Kabupaten Bogor. Berikut beberapa alamatnya:

      • Kantor Bapenda Kabupaten Bogor

        • Alamat: Jalan Raya Tegar Beriman Nomor 1, Pakansari, Cibinong, Bogor.
        • Telepon: (021) 87912462
      • UPT Pajak Daerah Sukaraja

        • Alamat: Jalan Alternatif Sentul, Gedung Graha CK nomor 29. Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710
        • Telepon: 085861764959
      • UPT Pajak Daerah Gunung Putri

        • Alamat: Jalan Alternatif Cibubur Nomor 6, Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Bogor
        • Telepon: 08118183286
      • UPT Pajak Daerah Jonggol

        • Alamat: Jalan Alun Alun Jonggol Nomor 89, Jonggol, Kecamatan Jonggol, Bogor

    Keuntungan Mengetahui NJOP dan NOP

    Mengetahui NJOP dan NOP properti Anda memiliki beberapa keuntungan penting:

    1. Penghindaran Sanksi Pajak: Dengan mengetahui NJOP yang tepat, Anda dapat membayar PBB sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini akan membantu Anda menghindari sanksi pajak atau denda yang mungkin dikenakan jika Anda membayar kurang dari yang seharusnya.

    2. Memahami Nilai Properti: NJOP adalah indikasi nilai properti Anda menurut pemerintah. Ini dapat membantu Anda memahami seberapa berharga properti Anda dalam lingkungan pasar saat ini.

    3. Transparansi Pajak: Mengetahui berapa jumlah PBB yang harus Anda bayar memberikan transparansi dalam keuangan Anda. Anda dapat merencanakan anggaran Anda dengan lebih baik dan menghindari ketidaknyamanan saat harus membayar pajak yang tidak terduga.

    4. Transaksi Jual Beli: Jika Anda berencana menjual properti Anda, mengetahui NJOP yang akurat dapat membantu Anda menentukan harga jual yang sesuai dengan pasar dan tetap menguntungkan.

    5. Legitimasi Pemilikan: NOP adalah bukti legitimasi kepemilikan properti Anda. Hal ini penting dalam transaksi jual beli atau pengecekan legalitas properti Anda.

    Menggunakan Aplikasi “PBB Mobile Kabupaten Bogor”

    Untuk lebih memudahkan dalam mengetahui NJOP dan NOP, Anda dapat menggunakan aplikasi “PBB Mobile Kabupaten Bogor” yang dapat diunduh melalui Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Pilih Catatan Pembayaran: Buka aplikasi dan pilih opsi “Catatan Pembayaran.”

    2. Masukkan NOP: Masukkan Nomor Objek Pajak (NOP) properti Anda.

    3. Informasi Lengkap: Aplikasi akan menampilkan informasi PBB yang meliputi detail lokasi objek pajak, NOP, dan jumlah biaya yang harus dibayar.

    Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengakses informasi terkait PBB properti Anda tanpa harus berkunjung ke kantor pajak.

    Kesimpulan

    Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Nomor Objek Pajak (NOP) adalah dua komponen penting dalam perpajakan properti di Indonesia, terutama di Kabupaten Bogor. Mengetahui NJOP yang akurat dan memiliki NOP yang valid akan membantu Anda mengelola pajak properti dengan lebih baik, menghindari sanksi pajak, dan menjaga transparansi keuangan Anda.gunakan aplikasi “PBB Mobile Kabupaten Bogor” untuk kemudahan akses informasi terkait pajak properti Anda. Dengan pemahaman yang baik tentang NJOP dan NOP, Anda akan dapat mengoptimalkan manajemen properti Anda dengan lebih baik.

    Facebook
    Twitter
    LinkedIn
    WhatsApp
    Pinterest